Dapat Barang Gratis Karena Endorse, Tapi Malah Kena Pajak?

14 September 2023

Pernah nggak sih kalian melihat publik figur atau artis menggunakan suatu produk dari suatu brand dengan tujuan untuk mempromosikan produk tersebut atau biasa disebut endorse. Biasanya barang – barang endors diberikan secara gratis kepada Endorser sebagai hadiah atau sebagai imbalan. Perlu kalian ketahui bahwa barang endorsement yang diberikan gratis, ternyata kena pajak.

Pemerintah menerbitkan PMK No. 66 Tahun 2023 tentang Perlakuan PPh Atas Penggantian Atau Imbalan Sehubungan dengan Pekerjaan atau Jasa yang Diterima Atau Diperoleh Dalam Bentuk Natura dan/atau Kenikmatan.

Sesuai dengan pasal 3 PMK tersebut menyebutkan bahwa penggantian atau imbalan sehubungan dengan pekerjaan atau jasa yang diterima atau diperoleh dalam bentuk natura dan/atau kenikmatan merupakan penghasilan yang menjadi objek pajak penghasilan.

Natura sendiri merupakan pemberian barang atau kenikmatan dan bukan dalam bentuk uang.

Contoh Kasus

Nona ATT seorang public figur menandatangani kontrak dengan PT MO, sebuah perusahaan kosmetik, untuk mengiklankan produk kosmetiknya di sosial media. Atas jasanya tersebut, pada bulan Desember 2023 Nona ATT menerima penggantian atau imbalan dalam bentuk paket alat-alat kosmetik dari PT MO. Harga pokok penjualan alat- alat kosmetik diketahui sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).

Dalam contoh kasus diatas, Nona ATT menerima penghasilan dalam bentuk natura pada bulan Desember 2023 yang menjadi objek pemotongan PPh Pasal 21 sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).

Kesimpulannya Barang endoresemnt yang diperoleh secara gratis oleh Nona ATT dari PT MO merupakan penghasilan dalam bentuk natura yang terutang PPh Pasal 21 yang harus dipotong oleh PT MO.

Written by Ana - Tax Supervisor

BROWSE ALL ARTAX NEWS & ARTICLES
26 October 2023
input title
09 January 2024
input title
21 November 2023
input title

Bicaralah dengan Artax

Di Artax, kami berdedikasi untuk menyediakan layanan konsultasi pajak yang tak tertandingi. Izinkan kami membantu Anda memperlancar sistem perpajakan Indonesia yang rumit dengan keahlian dan presisi.